This blog is dedicated for campus assignments
this site the web

Selasa, 15 Maret 2011

Keindahan yang Mulai Rusak

Tema : Manusia dan Keindahan

badai katrina

badai gurun di Afrika

ribuan ikan mati


ribuan burung mati

Menurut beberapa orang gambar diatas merupakan dampak adanya peningkatan panas bumi atau biasa kita sebut global warming. Jika anda sudah menonton film the day after tomorrow, 2012,tentulah maksud dari film tersebut, dimana terjadi benca alam yang sangat dahsyat terjadi di bumi akibat pemanasan global. Kabarnya kutub utara sudah mulai mencair karena pemanasan global. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia dimasa mendatang. pada tema kali tugas ilmu budaya dasar, mengenai manusia dan keindahan, saya akan memeparkan keindahan yang sudah mulai rusak karena adanya pemanasan global.

Pemanasan global merupakan fenomena global yang disebabkan oleh aktivitas manusia di seluruh dunia, pertambahan populasi penduduk, serta pertumbuhan teknologi dan industri. Oleh karena itu peristiwa ini berdampak global. Jadi ironis sekali jika ada sekumpulan orang mengkampanyekan akan bahayanya global warming, tp aktivitas manusia yang diseluruh dunia memicu global warming.

Pemanasan global sudah didepan mata, tapi kita hanya duduk santai dan sekedar mencermati apa sih global warming, dampaknya bagaimana sih, tanpa melakukan tindakan sedikitpun. NATO (no action, talk only). Kita tidak harus memulai mencegah pemanasan global dengan tindakan-tindakan yang besar. Kita bisa memulai hal-hal kecil yang berrpengaruh besar bagi bumi kita ini. Act locally, think globally.

ya, itu bisa kita jadikan slogan kita sebagai memerangi pemanasan global. Bertindak secara lokal, berfikir secara global. Bisa kita mulai dari, tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan listrik seperlunya saja, kurangi berpegian dengan kendaraan bermotor, menggunakan kembali tas plastik untuk berbelanja, mulai menanami pohon bila ada lahan. Hal-hal kecil seperti itu lah yang berpengaruh besar terhadap bumi kita ini. pikirkan bila seluruh negara mulai menggurangi berkendaraan bermotor, cukup satu hari saja! polusi akan berkurang secara drastis. Tentunya kita semua sudah tau akan adanya program Earth hour.

EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya. Tahun ini, Earth Hour dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2011 pukul 20.30 - 21.30 (waktu setempat).


Seberapa besar pengaruh EARTH HOUR bagi Jakarta?
Dengan mematikan lampu-lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam dapat memberikan kontribusi kepada penghematan listrik di Jakarta serta mendukung program efisiensi energi yang diinisiasi pemerintah pada pukul 17.00 - 22.00.

Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, yakni setara dengan:
  1. Mematikan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa
  2. Menghemat 267,3 ton CO2
  3. Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)
  4. Persediaan O2 untuk lebih dari 534 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)
  5. Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000,-

** 10% penduduk Jakarta diasumsikan 700 ribu orang mematikan 2 lampu setiap rumah.

Sumber data earth hour : http://www.earthhour.wwf.or.id/about.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies