This blog is dedicated for campus assignments
this site the web

Minggu, 21 November 2010

Polisi Hentikan Tawuran Warga Johar Baru dengan Gas Air Mata

Tema : Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan



Jakarta - Bentrokan warga di Kelurahan Baladewa dan Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, berhasil dihentikan petugas. Warga yang bentrok ngacir setelah polisi menembakkan gas air mata di sekitar lokasi bentrokan.

Pantauan detikcom, Minggu (21/11/2010), pukul 18.30 WIB, ratusan polisi gabungan dari Poslek Cempaka Putih, Polsek Kemayoran, dan Polsek Johar Baru masih berada di lokasi. Mereka tampak mengamankan lokasi bentrokan yang masih berantakan.

Di sepanjang jalan yang menghubungkan Kelurahan Baladewa dan Tanah Tinggi, tampak berserakan pecahan kaca, batu dan batu bata. Rumah warga juga banyak yang hancur karena dilempari massa. Sementara Poskamling yang berada di Kelurahan Tanah Tingi juga rusak parah. Ironisnya, di Poskamling yang rusak parah tersebut ditempeli spanduk bertuliskan "Mari jaga kampung kita, hindari tawuran karena merugikan kita semua".

Memurut salah satu petugas kepolisian yang enggan disebutkan namanya, tawurana berawal saat adanya aksi pembacokan dari salah satu warga di kampung tersebut. "Aksi pembacokan ini bebuntut balas dendam sehingga warga melakukan penyerangan," ujarnya tanpa menyebut warga dari kampung mana dulu yang memulai.

Sementara menurut warga, Ahmad, aksi tawuran ini berlangsung sejak pukul 14.00 WIB. "Sudah dari jam 2 anak-anak sudah pada ngumpul. Pecahnya tadi sore. Bahkan orang yang hajatan di Baladewa dan bazar malam bubar karena takut," cerita Ahmad.

Ahmad menceritakan, yang pertamakali menyerang dalah warga dari Baladewa. Kedua kampung ini menurut Ahmad memang musuh bebuyutan sejak dulu.

"Kakek saya dulu juga pernah berantem," ungkapnya.

http://www.detiknews.com/read/2010/11/21/181157/1498802/10/warga-di-johar-baru-jakpus-bentrok-polisi-dilempari-petasan?991103605

fakta:
sebuah penelitian menyimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan aksi kekerasan kolektif dalam masyarakat Indonesia. Pada masa Orde Lama aksi kekerasan kolektif terjadi sebanyak 65 kali (17,1 persen. Sedangkan pada masa Orde Baru terjadi peningkatan yang sangat besar yakni sebanyak 168 (44,1 persen) dan pada masa pasca-Orde Baru (Orde Reformasi) terjadi sebanyak 148 (38,8 persen) aksi kekerasan kolektif. Dengan rentang waktu yang masih relatif pendek (3 tahun ) menunjukkan bahwa pasca-Orde Baru terjadi peningkatan yang signifikan aksi kekerasan kolektif masyarakat.
Krisis ekonomi nasional ikut pula menyebabkan kehidupan ekonomi masyarakat semakin terpuruk. Sebagian besar masyarakat yang tidak berdaya dari segi ekonomi itu adalah anak-anak muda. Beberapa penelitian terhadap anak-anak muda di kota besar menunjukan bahwa sebagian besar para pemuda adalah penganggur. Mereka digambarkan sebagai kelompok masyarakat yang putus asa terhadap kondisi mereka.


solusi terhadap kasus tawuran antar warga:


Perubahan Budaya
Bagaimana mengatasi permasalahan ini? Nampaknya peristiwa ini bukanlah peristiwa yang dengan mudah dapat disembuhkan. Pemasangan pagar pembatas yang tinggi sebagaimana dilakukan di Matraman tidak juga membawa hasil. Ikrar perdamaian sudah tidak bisa dihitung lagi jumlahnya saking sering dilakukan. Oleh karena tawuran warga sudah menjadi tradisi, maka salah satu cara mengatasi masalah ini adalah melakukan rehabilitasi sosial atau perubahan budaya.

Penyelesaian dengan cara ini tidak hanya dengan melakukan training atau out bound belaka, namun harus ditindaklanjuti oleh sebuah program yang terintegrasi. Para warga harus disadarkan tentang kondisi mereka sekarang yang tidak normal itu dan menanyakan kondisi apa yang mereka inginkan. Dari sanalah kita dapat mengetahui apa saja kesenjangan yang terjadi. Kesenjangan itulah yang harus dipenuhi dan hal ini akan menjadi budaya baru mereka. Saya yakin budaya baru tersebut dambaan semua warga yang bertikai, namun budaya tersebut tidak pernah muncul karena pewarisan dendam dan perasaan was-was akan diserang oleh pihak musuh.

Walaupun demikian perubahan budaya yang saya maksud tidak dapat dicapai hasilnya dalam jangka waktu yang pendek. Sebagai program jangka pendek harus dilakukan penindakan secara tegas siapa-siapa saja otak tawuran dan polisi harus memberikan perhatian yang serius terhadap beberapa tempat yang memiliki potensi tawuran yang besar. tidak boleh dilupakan bahwa perbaikan kehidupan ekonomi warga setempat terutama para pemuda adalah langkah yang dapat dilakukan dan hal ini adalah kewajiban pemerintah terhadap rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies